.

Recent Posts

Selasa, 05 April 2016

Unknown

Putra Maluku Diperkuat Tandingi Tenaga Asing di Blok Masela

\Putra Maluku Diperkuat Tandingi Tenaga Asing di Blok Masela\

Ilustrasi : 
JAKARTA - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir memastikan kualitas hasil pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang di Universitas Pattimura dan Politeknik Ambon (Unpati) siap bersaing dengan SDM luar negeri.
"Kita kan di era kompetisi. Persaingan itu akan terjadi. Tapi kita yakin kualitas SDM kita di Blok Masela nantinya tidak akan kalah. Kita akan minta bantuan ITB, UGM dan universitas lain yang sesuai bidang engineering untuk bisa bantu Unpati, supaya dari pengalaman yang ada, lulusan Unpati ada kesamaan kualitas di lapangan kerjanya nantinya," ujar Nasir di Gedung D Kemristekdikti Jakarta, Selasa (5/4/2016)
terkait dengan investor pengelola Blok Masela, Inpex, Nasir mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi soal SDM yang akan digunakan. Menurutnya, Blok Masela membutuhkan sekira 12.000 tenaga kerja. Masalah besaran rasio tenaga kerja asing dan lokal belum dibahas atau masih dalam perhitungan."Kalau SDM kita di sana pasti ada cara khusus untuk kita kerja sama kan. Itu pasti dilakukan dengan investor. Yang pasti, jangan sampai lulusan kita tidak berkualitas. Kalaupun jelek, ya kta tingkatkan lagi kualitasnya,"paparnya.Sebagai informasi, sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pengelolaan Blok Masela dilakukan di darat atau onshore, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) langsung mendapatkan mandat untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia asli Maluku untuk ambil bagian mengelola Blok Masela.
Kemristekdikti pun langsung menggandeng Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menyampaikan program pendidikan apa saja yang tepat untuk peningkatan kualitas SDM di Blok Masela.(rai)
(rhs)

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »